Senin, 25 Juni 2012

[Tips-Trik] Mengilangkan Tanda Silang pada Baterai Laptop

Hai Teman-teman pengunjung setia pratama-108.blogspot.com !!  :D
Dipostingan kali ini saya akan nge-Share cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop!.

Pasti dari kalian semua ada yang pernah membaca tulisan "consider replacing your battery". Itu tuh tulisan yang muncul ketika Windows 7 menganggap baterai laptop kalian sudah saatnya dibuang....  hehehe





hahaha... yang diatas tadi, saya cuma bercanda kok. Sebenarnya ada caranya agar tanda silang merahnya hilang!!.

Ehem.. mau tahu ya? Penasaran pastinya?
Ya sudah kita langsung saja.

Langkah-langkahnya :
  1. Charge baterai laptop kalian sampai full yaitu ( 98%-100% ) , setelah di charge matikan laptopnya. Sampai tahap yang ini jangan dulu cabut chargernya.
  2. Hidupkan laptop kalian, lalu tekan tombol F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Lalu pilihlah Safe Mode. 
( Tampilan Safe Mode )
  1. Setelah masuk ke Windows Safe mode, barulah kalian boleh mencabut Chargernya.
  2. Lalu biarkanlah laptop kalian menyala sampai baterainya benar-benar habis. Sangat amat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop selama proses ini. Biarkan saja sampai mati sendiri.
  3. Setelah mati sendiri, pasang lagi chargernya dan nyalakan laptopnya. Hasilnya..... (jengjeng)   Semuanya kembali normal!. Notifikasi "consider replacing your battery" dan juga tanda silang merah yang ada di ikon baterai laptop anda tidak muncul lagi.
 
Sebenarnya teknik tersebut adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop kalian. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi baterai full ( 100% ) sampai benar-benar habis ( 0% ), maka Windows 7 jadi "tahu" kapasitas sebenarnya dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Nah, sekian dari postingan ini & semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Tunggu postingan saya yang lainnya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar