Sabtu, 11 Mei 2013

7 Warisan Dunia UNESCO yang Terancam Bahaya

Hallo teman! Bagaimana kabarnya? Semoga baik baik saja dan sehat selalu ya! :-D
Sudah lama pratama-108.blogspot.com tidak memberikan info menarik untuk teman-teman!

Pada kesempatan kali ini, pratama-108.blogspot.com akan memberikan informasi mengenai 7 Warisan Dunia UNESCO yang Terancam Bahaya.

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau yangg sering kita sebut dengan UNESCO menetapkan situs-situs bersejarah sebagai situs warisan dunia untuk melindungi kelestarianya dan menjaga dari ancaman kerusakan. Namun seiring waktu walaupun UNESCO telah menetapkan situs tersebut sebagai warisan dunia, ancaman kerusakan dan bahaya masih saja terjadi.

Langsung saja teman!



1. Air and Ténéré Natural Reserves


 

Situs warisan dunia ini terletak di Air and Ténéré Natural Reserves merupakan situs warisan dunia berkategorikan alam. UNESCO menetapkan Air and Ténéré Natural Reserves sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 dan ternacam bahaya oleh UNESCO pada tahun 1992 akibat Konflik militer dan kerusuhan di daerah serta penurunan populasi satwa liar dan degradasi tutupan vegetas.



2. Ashur (Qal’at Sherqat)


Situs warisan dunia ini terletak di Salah ad Din, Irak. Ashur merupakan situs warisan dunia berkategorikan budaya. UNESCO menetapkan Ashur (Qal’at Sherqat) sebagai situs warisan dunia pada tahun 2003 dan pada tahun yang sama juga UNESCO menyatakan situs ini dalam keadan bahaya akibat sebuah waduk yang direncanakan akan membanjiri sebagian situs itu ditangguhkan dibangun dari Perang Irak pada pemerintahan baru, kurangnya perlindungan yang memadai.



3. Bagrati Cathedral


Situs warisan dunia ini terletak di Imereti, Georgia. Katedral Bagrati merupakan situs warisan dunia berkategorikan budaya. UNESCO menetapkan Katedral Bagrati dan Biara Gelati sebagai situs warisan budaya dunia pada tahun 1994 dan pada tahun 2010 UNESCO menyatakan situs warisan dunia ini dalam bahaya, akibat rekonstruksi besar proyek yang akan mengarah pada intervensi ireversibel dan merusak keaslian dan integritas situs.



4. Stann Creek Belize


Situs warisan dunia ini terletak di Belize, Stann Creek dan Toledo Belize merupakan situs warisan budaya dunia berkategorikan alam. UNESCO menetapkan Cagar Alam Karang Penghalang Belize sebagai situs warisan dunia pada tahun 1996 dan pada tahun 2010 UNESCO menyatakan situs warisan dunia ini terancam karena Pemotongan bakau dan pembangunan yang berlebihan.



5. Comoé National Park


Situs warisan dunia ini terletak di Zanzan, Pantai Gading. Comoé merupakan situs warisan budaya dunia berkategorikan alam. UNESCO menetapkan Taman Nasional Comoé sebagai situs warisan dunia pada tahun 1983 dan pada tahun 2003 UNESCO menyatakan situs warisan dunia ini terancam karena kerusuhan sipil, perburuan, dan kurangnya mekanisme manajemen yang efektif.



6. Coro's Harbor


Situs warisan dunia ini terletak di Falcón, Venezuela. Coro dan Pelabuhannya merupakan situs warisan dunia berkategorikan budaya. UNESCO menetapkan Coro dan Pelabuhannya sebagai situs warisan budaya dunia pada tahun 1993 dan pada tahun 2003 UNESCO menyatakan situs warisan dunia ini terancam akibat kerusakan sejumlah besar struktur akibat hujan deras antara November 2004 dan Februari 2005, serta pembangunan sebuah monumen baru di jalan pantai dan gerbang pintu masuk ke kota di zona penyangga yang dapat memiliki dampak besar terhadap nilai situs.


  
7. Shalamar Garden


Situs warisan dunia ini terletak di Punjab, Pakistan Shalamar Garden merupakan situs warisan dunia berkategorikan budaya. UNESCO menetapkan Benteng dan Shalamar Garden di Lahore sebagai situs warisan dunia pada tahun 2005 dan pada tahun 2000 UNESCO menetapakan situs ini terancam akibat penghancuran tangki air bersejarah pada tahun 1999 untuk memperluas jalan dan memperburuk dinding batas, terdaftar atas permintaan pemerintah Pakistan.



Bagaimana? Apakah teman-teman tergerak untuk ikut melestarikan warisan dunia? :-D
Maka dari itu kita harus peduli dengan lingkungan sekitar kita!! 
Itulah info dari pratama-108.blogspot.com mengenai 7 Warisan Dunia UNESCO yang Terancam Bahaya. 

Nah, sekian dari postingan ini & semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Tunggu postingan saya yang lainnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar