Selasa, 18 Juni 2013

6 Kuliner Indonesia yang dimasak dalam Bambu

Selamat sore teman-teman! 

Berbagai macam aneka kuliner terdapat di negara kita ini, negara kita ini kaya akan sumber daya alamnya loh, sampai-sampai pohon bambu pun dijadikan sarana untuk membuat aneka kuliner. :D

Kali ini pratama-108.blogspot.com akan memberikan info menarik mengenai 6 Kuliner Indonesia yang dimasak dalam Bambu.



1. Lemang 


Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi tepung beras dicampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang. Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat.



2. Putu Bambu


Putu Bambu adalah jenis makanan Indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan diberi parutan kelapa. Kue ini dikukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.



3. Patin Bakar dalam Bambu


Patin bambu ini adalah sajian unik khas Kalimantan barat. Cita rasanya mirip bumbu dasar untuk pepes dan aroma bakar tercium dalam setiap suapan. Daging ikan patinnya tebal dan lembut. Aroma daun pisang pembungkusnya pun ikut menyumbangkan aroma yang khas.



4. Nasi Jaha


Nasi Jaha adalah kue khas Kota Manado. Nasi Jaha berasal dari kata Nasi dan Jahe. Nasi Jaha terbuat dari campuran beras ketan kemudian dibumbuhi dengan jahe lalu diendapkan dengan perasan santan kelapa, dimasukkan dalam bambu selanjutnya dipanggang diatas bara api.



5. Pa'piong


Pa’piong merupakan makanan khas Toraja. Papiong berupa lauk pauk untuk pelengkap makan dengan nasi. Pa’piong dimasak dengan sayuran didalam bambu, dan dimasak dengan cara dibakar.



6. Ayam Bakar Bambu


Ayam Bambu adalah masakan ayam yang sedikit berkuah dan dimasak di dalam bambu yang mempunyai ciri khas aroma dan rasa tersendiri dari bambu yang dibakar. Resep ini dari daerah Kulawi (daerah kecamatan di arah tenggara kota palu yang merupakan wilayah kabupaten Sigi). Menu Ayam Bambu ini merupakan sajian khas di sana.



Hmmh :-)
Gimana teman? Jadi laper! XD

Itulah info dari pratama-108.blogspot.com mengenai 6 Kuliner Indonesia yang dimasak dalam Bambu.
Nah, sekian dari postingan ini & semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Tunggu postingan saya yang lainnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar